Banyak hal yang melatarbelakangi lahirnya kurikulum 2013, satu hal yang melandasi terhadap lahirnya kurikulum baru ini alasanya adalah bahwasanya telah menjadi satu tuntutan berkaitan dengan kondisi bangsa dan Negara saat sekarang. Secara yuridis yang dikatakan dalam penjelasan Undang-undang No. 20 tahun 2003, pada bagian umum tertulis ; 1). Strategi pembangunan pendidikan nasional dalam undang-undang, 2).
Pengembangan dan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi,.jadi kurikulum 2013 merupakan serentetan rangkaian penyempurnaan terhadap kurikulum yang telah dirintis tahun 2004 yang berbasis kompetensi lalu di teruskan dengan kurikulum 2006 (KTSP). Jadi jelas bahwa perubahan kurikulum pendidikan merupakan suatu tuntutan yang mau tidak mau harus tetap dilakukan tinggal penetapan tentang waktu saja.
Berikut perbandingan antara kurikulum tahun 2006 dan 2013:
NO
|
Dilihat dari segi
|
Kurikulum tahun 2006
|
Kurikulum tahun 2013
|
1.
|
Kompetensi lulusan
|
Ø
Belum sepenuhnya menekankan pendidikan
karakter
Ø
Belum menghasilkan Keterampilan sesuai
kebutuhan
Ø
Pengetahuan-pengetahuan lepas
|
Ø Berkarakter
mulia
Ø Keterampilan
yang relevan
Ø Pengetahuan-pengetahuan
terkait
|
2.
|
Materi Pembelajaran
|
Ø Belum
relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan
Ø Beban
belajar terlalu berat
Ø Terlalu
luas, kurang mendalam
|
Ø Relevan
dengan kompetensi yang dibutuhkan
Ø Materi
esensial
Ø Sesuai
dengan tingkat perkembangan anak
|
3.
|
Proses Pembelajaran
|
Ø Berpusat pada guru (teacher
centered learning)
Ø Sifat pembelajaran
yang berorientasi pada buku teks
Ø Buku teks hanya
memuat materi bahasan
|
Ø Berpusat pada
peserta didik (student centered active learning)
Ø Sifat pembelajaran
yang kontekstual
Ø Buku teks memuat
materi dan proses pembelajaran, sistem penilaian serta kompetensi yang
diharapkan
|
4.
|
Penilaian
|
Ø
Menekankan aspek kognitif
Ø Test menjadi cara penilaian
yang dominan
|
Ø Menekankan aspek
kognitif, afektif, psikomotorik secara proporsional
Ø Penilaian test dan
portofolio saling melengkapi
|
5.
|
Pendidik dan tenaga kependidikan
|
Ø Memenuhi kompetensi
profesi saja
Ø Fokus pada ukuran
kinerja PTK
|
Ø Memenuhi kompetensi
profesi, pedagogi, sosial, dan personal
Ø Motivasi mengajar
|
6.
|
Pengelolaan kurikulum
|
Ø Satuan pendidikan
mempunyai kebebasan dalam pengelolaan kurikulum
Ø Masih terdapat
kecenderungan satuan pendidikan menyusun kurikulum
tanpa
mempertimbangkan kondisi satuan pendidikan, kebutuhan
peserta
didik, dan potensi daerah
Ø Pemerintah hanya
menyiapkan sampai standar isi mata pelajaran
|
Ø Pemerintah Pusat dan
Daerah memiliki kendali kualitas dalam
pelaksanaan
kurikulum di tingkat satuan pendidikan.
Ø Satuan pendidikan
mampu menyusun kurikulum dengan mempertimbangkan kondisi satuan pendidikan,
kebutuhan peserta
didik,
dan potensi daerah
Ø Pemerintah
menyiapkan semua komponen kurikulum sampai buku teks dan pedoman
|
No
|
Dilihat
dari segi
|
Kurikulum
2006
|
Kurikulum
2013
|
1.
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
diturunkan
dari Standar
Isi
|
diturunkan
dari kebutuhan
masyarakat
|
2.
|
Standar
Isi
|
diturunkan
dari Standar Kompetensi
Lulusan
Mata Pelajaran
|
diturunkan
dari Standar
Kompetensi
Lulusan
|
3.
|
Struktur
Mata Pelajaran
|
Pemisahan
antara mata pelajaran pembentuk sikap,
pembentuk
keterampilan, dan pembentuk
pengetahuan
|
Semua
mata pelajaran harus
berkontribusi
terhadap
pembentukan
sikap, keterampilan,
dan
pengetahuan,
|
4.
|
Kompetensi
Mata pelajaran
|
diturunkan
dari mata pelajaran
|
diturunkan
dari
kompetensi
yang ingin dicapai
|
5.
|
Bentuk
kurikulum
|
Mata
pelajaran lepas satu dengan yang lain, seperti
sekumpulan
mata pelajaran terpisah
|
Semua
mata pelajaran diikat oleh
kompetensi
inti (tiap kelas)
|
6.
|
Pengembangan
Kurikulum
|
Pengembangan
kurikulum
sampai pada
komptensi
dasar
|
Pengembangan
kurikulum sampai
pada
buku teks dan buku pedoman
guru
|
7.
|
Cara
Penyampaian Pembelajaran
|
Tematik
Kelas I-III
(mengacu
mapel)
|
Tematik
integratif Kelas I-VI
(mengacu
kompetensi)
|
8.
|
Proses
Penyusunan Silabus Guru
|
Hampir
Mutlak dibatasi oleh SK-KD
|
Pengembangan
dari sudah yang disiapkan
|
9.
|
Kompetensi
Guru
|
Diutamakan
Harus Tinggi
|
Sebaiknya
itu Tinggi, Namun bagi yang rendah ada kesempatan terbantu dengan adanya buku
|
10.
|
Hasil
Pembelajaran siswa
|
Tergantung
sepenuhnya pada guru
|
Tidak
sepenuhnya Tergantung Pada Guru, tetapi juga buku yang disediakan pemerintah
|
Dibawah Ini Materi Muatan SD, SMP, SMA dengan
membandingkan Struktrur Kurikulum 2006 dan 2013:
1. Materi
Muatan SD
a. Struktur
Kurikulum 2006
No
|
Komponen
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
1
|
Pend. Agama
|
Pendekatan
TEMATIK
|
3
|
3
|
3
|
||||
2
|
Pend. Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
|||||
3
|
Bahasa
Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
|||||
4
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
|||||
5
|
IPA
|
4
|
4
|
4
|
|||||
6
|
IPS
|
3
|
3
|
3
|
|||||
7
|
Seni Budaya
& Keterampilan
|
4
|
4
|
4
|
|||||
8
|
Pend. Jasmani, OR, & Kes.
|
4
|
4
|
4
|
|||||
9
|
Muatan Lokal
|
2
|
2
|
2
|
|||||
10
|
Pengembangan Diri
|
2
|
2
|
2
|
|||||
JUMLAH
|
26
|
27
|
28
|
32
|
32
|
32
|
|||
1. Materi
Muatan SD
b. Struktur
Kurikulum 2013
No
|
Komponen
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
1
|
Pend. Agama
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
8
|
8
|
10
|
10
|
10
|
10
|
4
|
Matematika
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
5
|
IPA
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
IPS
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
Seni Budaya
& Keterampilan
|
4
|
4
|
4
|
6
|
6
|
6
|
8
|
Pend. Jasmani, OR, & Kes.
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
9
|
Muatan Lokal
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
10
|
Pengembangan Diri
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
JUMLAH
|
30
|
32
|
34
|
36
|
36
|
36
|
2. Materi
Muatan SMP
a. Struktur
Kurikulum 2006
No
|
Komponen
|
VII
|
VIII
|
XI
|
1
|
Pend. Agama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Pend.
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
5
|
IPA
|
4
|
4
|
4
|
6
|
IPS
|
4
|
4
|
4
|
7
|
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
8
|
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
Pend. Jasmani,
OR & Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
|
10
|
Keterampilan/TIK
|
2
|
2
|
2
|
11
|
Muata Lokal
|
2
|
2
|
2
|
12
|
Pengembangan
Diri
|
2*
|
2*
|
2*
|
JUMLAH
|
34
|
34
|
34
|
2.Materi Muatan SMP
b. Struktur
Kurikulum 2013
No
|
Komponen
|
VII
|
VIII
|
XI
|
1
|
Pend. Agama
|
3
|
3
|
3
|
2
|
Pend.
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
4
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
6
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
7
|
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
8
|
Seni Budaya
(Termasuk Mulok)
|
3
|
3
|
3
|
9
|
Pend. Jasmani,
OR & Kesehatan (Termasuk Mulok)
|
3
|
3
|
3
|
10
|
Prakarya
(Termasuk Mulok)
|
2
|
2
|
2
|
JUMLAH
|
38
|
38
|
38
|
2. Materi
Muatan SMA
a. Struktur
Kurikulum 2006
Kelas X
KOMPONEN
|
Alokasi Waktu
|
|
Semester I
|
Semester II
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
||
1. Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
5.
Matematika
|
4
|
4
|
6.
Fisika
|
2
|
2
|
7.
Biologi
|
2
|
2
|
8. Kimia
|
2
|
2
|
9. Sejarah
|
1
|
1
|
10. Geografi
|
1
|
1
|
11. Ekonomi
|
2
|
2
|
12. Sosiologi
|
2
|
2
|
13. Seni Budaya
|
2
|
2
|
14. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
2
|
2
|
15. Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
16. Keterampilan / Bahasa Asing
|
2
|
2
|
B. Muata Lokal
|
2
|
2
|
C. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
|
42
|
42
|
Kelas XI dan XII Program IPA
KOMPONEN
|
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
||||
1. Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6.
Fisika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7.
Biologi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
8. Kimia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
9. Sejarah
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10. Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13. Keterampilan / Bahasa Asing
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B. Muata Lokal
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
|
39
|
39
|
39
|
39
|
Kelas XI dan XII Program IPS
KOMPONEN
|
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
||||
1. Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6.
Geografi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
7.
Ekonomi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
8. Sosiologi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
9. Sejarah
|
3
|
3
|
3
|
3
|
10. Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13. Keterampilan / Bahasa Asing
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B. Muata Lokal
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
|
39
|
39
|
39
|
39
|
Kelas XI dan XII Program Bahasa
KOMPONEN
|
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
||||
1. Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
5
|
4.
Bahasa Inggris
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5.
Matematika
|
3
|
3
|
3
|
3
|
6.
Sastra Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7.
Bahasa Asing
|
4
|
4
|
4
|
4
|
8. Antropologi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9. Sejarah
|
3
|
3
|
3
|
3
|
10. Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13. Keterampilan / Bahasa Asing
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B. Muata Lokal
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
|
39
|
39
|
39
|
39
|
3. Materi
Muatan SMA
a. Struktur
Kurikulum 2013
Mata Pelajaran
|
Alokasi Waktu
Belajar
|
||
X
|
XI
|
XII
|
|
Kelompok A (Wajib)
|
|||
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
5.
Sejarah Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
6.
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
Kelompok B (Wajib)
|
|||
7.
Seni Budaya (termasuk muata lokal)
|
2
|
2
|
2
|
8. Pendidikan Jasmani, OR dan
Kesehatan (termasuk muata lokal)
|
3
|
3
|
3
|
9. Prakarya dan Kewirausahan (termasuk
muata lokal)
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah Kelompok A dan B perminggu
|
24
|
24
|
24
|
Kelompok C (peminatan)
|
|||
Mata Pelajaran Peminatan Akademik
(SMA/MA)
|
18
|
20
|
20
|
Jumlah Jam Pelajaran yang harus
ditempuh perminggu
|
|||
Keterangan:
*Muata Lokal dapat memuat Bahasa
Daerah
|
Mata Pelajaran
|
Kelas
|
||||
X
|
XI
|
XII
|
|||
Kelompok A dan B (Wajib)
|
24
|
24
|
24
|
||
C. Kelompok Peminatan
|
|||||
Peminatan Matematika dan Sains
|
|||||
I
|
1
|
Matematika
|
3
|
4
|
4
|
2
|
Biologi
|
3
|
4
|
4
|
|
3
|
Fisika
|
3
|
4
|
4
|
|
4
|
Kimia
|
3
|
4
|
4
|
|
Peminatan Sosial
|
|||||
II
|
1
|
Geografi
|
3
|
4
|
4
|
2
|
Sejarah
|
3
|
4
|
4
|
|
3
|
Sosiologi & Antropologi
|
3
|
4
|
4
|
|
4
|
Ekonomi
|
3
|
4
|
4
|
|
Peminatan Bahasa
|
|||||
III
|
1
|
Bahasa dan Sastra Indonesia
|
3
|
4
|
4
|
2
|
Bahasa dan Sastra Inggris
|
3
|
4
|
4
|
|
3
|
Bahasa dan Sastra Asing Lainnya
|
3
|
4
|
4
|
|
4
|
Antropologi
|
3
|
4
|
4
|
|
Mata Pelajaran Pilihan dan Pendalaman
|
|||||
Pilihan Lintas Minat dan/atau
Pendalaman Minat
|
6
|
4
|
4
|
||
Jumlah Jam Pelajaran yang Tersedia per
minggu
|
66
|
76
|
76
|
||
Jumlah Jam Pelajaran yang harus Ditem
|
42
|
44
|
4
|
Kelebihan Kurikulum
2006 (KTSP)
1. Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan
2. Mendorong
para guru, kepala sekolah, dan pihak manajemen sekolah untuk semakin
meningkatkan kreativitasnya dalam penyelenggaraan program-program pendidikan.
3. Guru
sebagai fasilitator yang bertugas mengkondisikan lingkungan untuk memberikan
kemudahan belajar siswa.
Kekurangan Kurikulum
2006
1.
Kurangnnya SDM yang diharapkan mampu menjabarkan KTSP pada kebanyakan satuan pendidikan yang ada. Minimnya kualitas guru dan sekolah.
2. Kurangnya
ketersediaan sarana dan prasarana pendukung sebagai kelengkapan dari
pelaksanaan KTSP
3. Masih
banyak guru yang belum memahami KTSP secara komprehensif baik kosepnya,
penyusunannya,maupun prakteknya di lapangan
Kelebihan Kurikulum
2013:
1. Mendorong
siswa kreatif dan inovatif serga pendidikan karakter yang terintegrasi menjadi
satu.
2. Guru
juga dipacu kemampuannya melalui pelatihan-pelatihan dan pendidikan. calon guru
untuk meningkatkan kecakapan profesionalisme secara terus menerus.
3. Dapat
mengikuti dan menyesuaikan dengan perubahan faktor-faktor yang melandasinya,
baik filosofis, psikologis, sosiologis, IPTEK dan faktor-faktor lainnya.
Kekurangan Kurikulum
2013:
1. Pemerintah
seolah melihat semua guru dan siswa memiliki kapasitas yang sama.
2. Tidak
adanya keseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil.
3. Kebosanan peserta didik terhadap aktivitas belajar yang semakin panjang.
2 komentar:
Ilang sebelah yg 2013
kesalahan teknis kakak :-D
Post a Comment